Senin, 05 Juli 2010

Memperbaiki Jalan BECEK skala kecil (Dengan Tanah)

            Pada musim hujan mungkin kita sering mendengar istilah Becek , Becek ini merupakan campuran partikel pada (Tanah) dan air dalam jumlah berlebihan((Diatas kadar optimum tanah dalam kondisi padat)

          
            Selain dari faktor kadar air yang berlebihan , faktor lain yang berperan dalam timbulnya becek ialah jumlah pembebanan .Sering kita melihat suatu jalan yang hancur atau berlobang  akibat pembebana yang berlebihan / melampaui batas beban rancangan , bagian yang hancur ini / lobang ini ketika musim hujan makan akan terisi air , sehingga timbulah becek .Dan banyak sekali faktor2 lain ynag menyebabkan becek ini .

Ini sebuah cerita (hati lo pasti berkata : "Lho kok cerita , aneh ni orang") , Tunggu dolo ..

Hari ini Bos saya( Bapak awak)Menugaskan awak memperbaiki jalan tanah yang becek di depan rumah , katanya Ada mobil yang mau lewat nanti..

Oke .. kataku .. Ku ambil cangkul n Karung ..

Sampai di TKP .. Langsung aku mencari tanah untuk menimbun Lobang Becek itu ..
dan langsung menimbun lobang becek itu ..TERNYATA ... lobang tersebut langsung terisi lumpur n timbunan makin jelek , mungkin karena tanah untuk menimbun tadi bercampur dengan air yang ada pada lubang tadi..
n makin becek dah ...

Akhirnya datang lah boz awak lalu berkata ,,, Cak mano kau ni (Bagaimana Kamu ini ) , Calon Insinyur tidak bisa memperbaiki jalan .. Adu parah ..

Dan ia berkata .. Kalau mau nimbun tanah yang Berlumpur itu (Becek) ,maka Tanah yang Becek/Lumpur yang ada pada lobang itu serta airnya, harus dibuang dulu baru di timbun ...aduh Anak muda jaman sekarang bisa makan saja ..

Sadar aku dibuatnya ,, +malu ..

Demikian sedikit konsep , mungkin tidak kita temui di bangku kuliah ,, Thank ..
Mohon komentar na ..
tnk
          

Tidak ada komentar: